Archives for the month of: February, 2014

2014-02-12 15.29.56A

Sepertinya kota Tangerang Selatan mengalami musim summer. Panasnya mulai pagi sampai malam hari. Tapi  cuaca panas ini tidak menyurutkan niatan saya untuk membuatkan camilan gurih tapi ga bikin ribet… Udah mulai kuliah , pengen banget bikin kudapan ini. Dan pas ingin makan camilan ini selalu mengandalkan oleh-oleh dari saudara dari Bali. Dan itu lama banget, karena kumpul keluarga cuma setahun sekali… *kemecer ngiler :))

Dan sekarang setelah tinggal di Tangerang Selatan, lihat peta… dan Bali itu jauhhhh… Udah coba survei pedagang camilan juga disini, jarang banget yang jual pie susu. Syukurlah ada teman yang punya resepnya nih kue.. Langsung aja coba saya recook. yaaa coba di modif dikit, karena melihat perbekalan di kulkas hehe…

Selain itu enaknya bikin pie susu ini, ga perlu pake mixer. Ya maklum aja, perlatan perang untuk bikin “dunia perkue an” kurang yang namanya mixer. Ballon whisk pun belum ada… Mohon doanya yaaa biar bisa beli mixer  😀

Bahan untuk kulitnya :

  1. 150 gr tepung terigu
  2. 50 gr icing sugar (gula halus)
  3. 100 gr mentega
  4. 3 sendok makan air dingin

Cara buatnya :

Semuanya dicampur aja, klo di resepnya temen sihh penyebutannya “dikepel-kepel” tanpa di uleni. Lalu ambil secukupnya, letakkan di loyang cetakan pie.. Kalau saya sih pakai loyang yang ukuran diameter 7 cm.

2014-02-12 19.09.10A

untuk kulit pienya saat dicetak jangan terlalu tebal atau tipis. Dikira-kira saja untuk tebal tipisnya. Klo terlalu tipis nanti cepat gosong dan isianya meluber. Kata yang master resepnya *mbak Puji Rahayu , kalau di uleni malah bikin keras ga “kemepyur”  kulit pie nya. oowww itu lho rahasianya hehehe 😀 klo sudah sisihkan.

Bahan untuk isinya:

  1. 150 ml air putih
  2. 30 gr susu bubuk vanilla
  3. 2-3 sendok makan gula pasir (ini sesuai selera yaaa…)
  4. 2 butir kuning telur
  5. 1 sendok makan tepung maizena
  6. 1 sendok teh essence vanilla

Cara buatnya :

Untuk semua bahan isiannya di campur jadi satu. Aduk rata dan tuangkan secukupnya ke kulit pie yang sudah dibuat. Jangan terlalu banyak, hhmm maksudnya jangan rata dengan kulit pienya. Karena nanti susah matangnya. Kalau semua kulit pie sudah terisi adonan susu langsung saja masukkan ke oven. kira-kira suhu 150′ dengan waktu panggang 60 menit.

Tik…tuk..tik..tuk… setelah 60 menit akhirnya jadi juga nih pie susu… Hmmmm smells good . Aroma kulit pienya gurih banget… Dan saat dicopot dari loyang mudah banget, jadi ga merusak tekstur kuenya. 1 resep ini untuk 12 biji pie susu. Jadi cukup lumayan untuk keluarga kecil seperti saya, yang minim penghuni hehehe…

2014-02-12 15.28.09

Selamat mencoba para penikmat kue… Selamat memasak… dan yang pasti selamat makan…

2014-02-12 15.23.20A

Thanks for mbak Puji Rahayu

and i’m success recook this recipe :))

Advertisements

2014-01-22 20.09.19
Awal botok Tajam ini dibuat karena stock tahu sutera di kulkas rumah cukup banyak. Sebenernya bingung banget, mau dimasak model apa lagi ini tahu. Perkedel tahu udah pernah, oseng tahu dengan vegetable juga udah sering. Akhirnya coba di botok aja deh.. Meski bumbunya agak ribet dan masuk kedunia per”uleg”an yaaa dicoba aja..

Karena kemarin juga habis makan dengan menu ayam dan daging, menu botok ini bisa dijadikan menu alternatif anti kolesterol 😀
Oke… untuk bahannya juga mudah didapat di “bakul” sekitar rumah.

Bahan-bahannya : *monggo belanja*

  1. Tahu sutera atau tahu putih biasa. Klo kemarin sih pake tahu sutera sekitar 250 gram. Ga banyak juga karena penghuni dirumah cuma 2 orang hehe. Tahunya di potong kotak-kotak kecil biar mudah nanti dicampur dengan bumbunya.
  2. 10 buah Jamur kancing . Ini sebagai pelengkap aja, lebih enak sih karena ada krenyes-krenyesnya. Kalau ga ada jamur kancing juga dibisa diganti dengan jamur tiram. Di iris-iris kecil. oh ya, jenis jamurnya sesuai dengan selera aja…
  3. 2-3 cabe hijau besar di potong serong tipis
  4. 2 batang daun bawang di potong serong tipis
  5. 5-6 sendok makan santan kental
  6. 1 butir telur. Kalau ga mau pakai telur juga ga ada masalah kok. Ini telurnya hanya untuk memadatkan tekstur botoknya
  7. Daun salam (disesuaikan dengan jumlah bungkus daun pisangnya
  8. 4 buah tomat hijau potong tipis-tipis
  9. 8 lembar daun pisang

Bumbu yang dihaluskan :

  1. 5 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari Laos muda yang diparut
  4. 5 lembar daun jeruk purut (untuk mempermudah dipotong kecil-kecil atau biasa disebut “dirajang” )
  5. 3 Cabe rawit merah (ini juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera aja ya )
  6. 2-3 cabe merah besar
  7. 1 sendok teh ketumbar
  8. Sedikit terasi
  9. 1/2 sendok teh garam (sesuai selera)
  10. 1/2 sendok teh gula (disesuaikan selera)

Cara pembuatan :

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Campur semua bumbu halus bersama tahu, jamur, cabe hijau besar, daun bawang, dan santan kental
  3. Ohhh ya, sebelum ada telornya kalau bisa di incip dulu bumbunya apakah rasanya pas (manis atau asinnya)
  4. Kalau dirasa udah pas dan cocok seleranya baru deh telurnya masuk ke tahu dan teman-temannya tadi. Aduk rata.
  5. Bungkus semua bahan tadi dengan daun pisang
  6. Ambil 1 lembar daun salam di atas campuran tadi. Tutup dengan menyematkan tusuk gigi
  7. kukus kurang lebih 20-30 menit
  8. Sajikan hangat.

NB : Sajikan bersama nasi hangat, beri sedikit taburan Black pepper diatasnya dan cocolan sambel teri

Silahkan mencoba dan selamat menikmati di suasana penghujan seperti sekarang ini.. Hangat dan sedikit pedas… hehehe Selamat Makannnn *nyamm*

Recipe by : Vanti ^__^