2014-01-22 20.09.19
Awal botok Tajam ini dibuat karena stock tahu sutera di kulkas rumah cukup banyak. Sebenernya bingung banget, mau dimasak model apa lagi ini tahu. Perkedel tahu udah pernah, oseng tahu dengan vegetable juga udah sering. Akhirnya coba di botok aja deh.. Meski bumbunya agak ribet dan masuk kedunia per”uleg”an yaaa dicoba aja..

Karena kemarin juga habis makan dengan menu ayam dan daging, menu botok ini bisa dijadikan menu alternatif anti kolesterol 😀
Oke… untuk bahannya juga mudah didapat di “bakul” sekitar rumah.

Bahan-bahannya : *monggo belanja*

  1. Tahu sutera atau tahu putih biasa. Klo kemarin sih pake tahu sutera sekitar 250 gram. Ga banyak juga karena penghuni dirumah cuma 2 orang hehe. Tahunya di potong kotak-kotak kecil biar mudah nanti dicampur dengan bumbunya.
  2. 10 buah Jamur kancing . Ini sebagai pelengkap aja, lebih enak sih karena ada krenyes-krenyesnya. Kalau ga ada jamur kancing juga dibisa diganti dengan jamur tiram. Di iris-iris kecil. oh ya, jenis jamurnya sesuai dengan selera aja…
  3. 2-3 cabe hijau besar di potong serong tipis
  4. 2 batang daun bawang di potong serong tipis
  5. 5-6 sendok makan santan kental
  6. 1 butir telur. Kalau ga mau pakai telur juga ga ada masalah kok. Ini telurnya hanya untuk memadatkan tekstur botoknya
  7. Daun salam (disesuaikan dengan jumlah bungkus daun pisangnya
  8. 4 buah tomat hijau potong tipis-tipis
  9. 8 lembar daun pisang

Bumbu yang dihaluskan :

  1. 5 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari Laos muda yang diparut
  4. 5 lembar daun jeruk purut (untuk mempermudah dipotong kecil-kecil atau biasa disebut “dirajang” )
  5. 3 Cabe rawit merah (ini juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera aja ya )
  6. 2-3 cabe merah besar
  7. 1 sendok teh ketumbar
  8. Sedikit terasi
  9. 1/2 sendok teh garam (sesuai selera)
  10. 1/2 sendok teh gula (disesuaikan selera)

Cara pembuatan :

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Campur semua bumbu halus bersama tahu, jamur, cabe hijau besar, daun bawang, dan santan kental
  3. Ohhh ya, sebelum ada telornya kalau bisa di incip dulu bumbunya apakah rasanya pas (manis atau asinnya)
  4. Kalau dirasa udah pas dan cocok seleranya baru deh telurnya masuk ke tahu dan teman-temannya tadi. Aduk rata.
  5. Bungkus semua bahan tadi dengan daun pisang
  6. Ambil 1 lembar daun salam di atas campuran tadi. Tutup dengan menyematkan tusuk gigi
  7. kukus kurang lebih 20-30 menit
  8. Sajikan hangat.

NB : Sajikan bersama nasi hangat, beri sedikit taburan Black pepper diatasnya dan cocolan sambel teri

Silahkan mencoba dan selamat menikmati di suasana penghujan seperti sekarang ini.. Hangat dan sedikit pedas… hehehe Selamat Makannnn *nyamm*

Recipe by : Vanti ^__^

Advertisements