lumpia

Kue lumpia adalah jenis kue yang bentuknya ga jauh beda dengan resolles. Sama-sama renyah dan gurih. Pasti sudah ga asing lagi dengan kue lumpia. Biasanya yang paling populer sih Lumpia Semarang. Dan makanan ini sekarang menjadi makanan khas dari Semarang. So, kurang lengkap klo main ke semarang tanpa cicip-cicip lumpia semarang *begono katanya šŸ˜€

Lumpia bikinan mamaku sihhh sepertinya ga jauh beda dengan lumpia semarang. Bahannya pun bijak haha.. Bijak dalam artian mudah di dapat, murah dan cepat dalam proses memasaknya. No egg, No ebi yeeaayy *meluncur ke pasar

Akhir-akhir ini sibuk banget di dapur *gayaaa… Sibuk karena pengen bikin lumpia seperti punya mama.. Kangen makan yang kress-kress.. Mau pulang kemalang, sudah pasti requestnya sih Lumpia. Tapi berhubung mudik masih hitungan bulan yaaa marilah kita pesan rebung ke bakul sayur sebelah hehe.. Dan yang paling menyenangkan itu, si Ayah doyan dengan lumpia ini… Sekali makan habis 2 biji… asikkkk

Bahan-bahan untuk lumpia Rebungnya :

  1. 250 gr rebung muda. Kalau rebung yang tua cenderung agak keras, kalau bisa pilih yang muda aja
  2. 250 gr tauge/ kecambah yang sudah dibersihkan
  3. 7 buah udang yang sudah dibersihkan dan cincang. Ini untuk kaldu saja. Kalau ga suka udang bisa diganti dengan daging ayam kok. Kalau yang vegetarian ga usah pakai keduanya juga tidak masalah ^_^
  4. 5 siung bawang putih di iris tipis
  5. 6-7 siung bawang merah di iris tipis
  6. 2 batang daun bawang iris tipis
  7. Kulit lumpia (ini sesuai selera dari penuh atau tidak isian lumpiannya). Kalau saya lebih memilih beli yang sudah jadi aja hehehe :))
  8. 1-2 sendok teh saus tiram
  9. Merica
  10. Garam
  11. Gula

Cara membuatnya :

  1. Potong rebung muda sepanjang korek api. Cuci bersih. Rebus dan beri sedikit garam untuk menghilangkan aroma rebung yang “khas”. Rebus kira-kira 15 menit hingga rebung tidak keras lagi.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan udang.
  3. Masukkan bumbu seperti garam, gula, merica dan saus tiram.
  4. Masukkan rebung, tauge dan terakhir daun bawang. Tumis sampai bumbu semua tercampur rata. jangan lupa di incip yaaaa šŸ˜€
  5. Kalau sudah agak dingin, bungkus dengan kulit lumpia (kira-kira 1 sendok makan atau sesuai selera) dan gulung. Pastikan kulit lumpianya tidak sobek, agar pada saat di goreng isinya tidak meluber keluar.
  6. Lebih enak dibungkus semua isinya ke kulit lumpia, dan disimpan di freezer. Bisa di goreng saat dibutuhkan. Lumpia rebungnya bisa tahan sampai 3-4 hari. Tapi ga sampai 3 hari biasanya udah habis duluan =))
  7. Lalu goreng dengan minyak panas sampai warnanya berubah menjadi golden brown

Sajikan hangat, beserta bahan pelengkapnya seperti daun selada air, daun bawang merah (kalau di Tangsel sepertinya daun kucai penyebutannya) dan sauce Tauco yang gurih manis.

NB : Sorry, foto lumpianya belum sempat ke foto untuk foto ilustrasi. Keburu di lahap duluan dan lupa kalau ini mau di jadikan foto ilustrasi *nangis sesenggukan :(( :(( Nanti kalau bikin lumpia lagi di posting dehh šŸ˜€

Sekian info resep Lumpia Rebungnya.. Selamat mencoba dan selamat makan. Pasti suaranya kress dan gurih hehehe… Happy cooking mom ^_^

Advertisements